BPBD Batu Matangkan Rencana Simulasi Bencana

Home / Berita / BPBD Batu Matangkan Rencana Simulasi Bencana
BPBD Batu Matangkan Rencana Simulasi Bencana Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Bagio Setiono memberikan materi kebencanaan dalam koordinasi jelang apel siaga dan simulasi penanggulangan bencana, Rabu (24/1/2018) di ruang rapat lantai 3 Balai Kota Among Tani. (FOTO: Ferry/

TIMESDUMAI, BATU – Sejumlah institusi pemerintah, TNI, Polri, dan elemen masyarakat di Kota Batu, terus mematangkan persiapan menjelang apel pasukan dan simulasi penanganan darurat bencana.

Perwakilan dari berbagai komponen tersebut berkumpul untuk membahas persiapan kegiatan yang akan digelar di Coban Talun.

"Tanggal pelaksanaannya masih belum ditetapkan. Ini kita mematangkan persiapan dan kesiapannya," kata Achmad Choirul Rochim, Kasie Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu kepada TIMES Indonesia, Rabu (24/1/2018).

Dalam pelaksanaan kegiatan apel dan simulasi, penyelenggara juga melibatkan Pemerintah Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Menurut Rochim, keterlibatan wilayah yang berbatasan ini didasari pertimbangan potensi bencana yang lintas batas administrasi. 

"Ke depan, ancaman potensi bencana itu bisa jadi menimbulkan dampak di wilayah tetangga kita, Kabupaten Malang dan Kota Malang," jelasnya.

Dengan pelibatan tersebut, lanjutnya, fungsi koordinasi antar pemerintah daerah dalam kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana akan semakin baik.

Meski belum ada penetapan waktu kegiatan, koordinasi akan terus dilakukan, dijadwalkan hingga Jumat (26/1/2018) pekan ini.

Rochim menambahkan, selain Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Batu, penyelenggara kegiatan  melibatkan instansi samping,  organisasi kemasyarakatan serta pihak swasta.

"Sektor swasta yang memiliki potensi sumber daya yang bisa dikerahkan untuk mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana," terangnya. 

Kegiatan apel siaga dan simulasi penanggulangan bencana ini digagas bersama Polres Batu, BPBD Kota Batu, dan Kodim 0818 Kabupaten Malang-Batu. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com