Indikator
  • Undercontruction

Meski Menjadi Ibu Rumah Tangga, Perempuan Perlu Aktualisasi Diri

Home / Gaya Hidup / Meski Menjadi Ibu Rumah Tangga, Perempuan Perlu Aktualisasi Diri
Meski Menjadi Ibu Rumah Tangga, Perempuan Perlu Aktualisasi Diri ILUSTRASI. Ibu rumah tangga perlu aktualisasi diri. (Foto: brilio.net)

DUMAITIMES, JAKARTA – Setelah menikah dan memiliki anak banyak perempuan yang merelakan impiannya. Salah satu alasannya adalah karena sudah terlalu sibuk dengan urusan keluarga.

"Seorang ibu kerap melupakan kepentingan diri sendiri karena mengorbankan segalanya untuk orang yang dicintai," kata ahli psikologi, Ratih Ibrahim, di Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Mencurahkan segenap perhatian dan tenaga untuk suami dan anak membuat para ibu mengesampingkan impian mereka. Akibatnya, para perempuan cenderung tidak punya waktu luang untuk diri mereka sendiri. Padahal setiap orang punya hak untuk mewujudkan cita-cita dan mencapai aktualisasi diri.

Menurut Ratih, orang yang telah mencapai aktualisasi diri mampu membangun dan menjaga hubungan lebih baik serta memiliki empati lebih besar. Ketika seorang perempuan merasa bahagia karena mencapai aktualisasi diri, pasti kebahagiaan itu juga akan menyebar ke orang-orang terdekat. 

Lalu bagaimana cara agar perempuan yang sudah menikah dan memiliki anak tetap dapat mewujudkan impian-impiannya? Micro learning jadi salah satu solusi. Ratih mengatakan tidak sulit melakukan micro learning. Anda hanya perlu meluangkan waktu setidaknya 15 menit sehari untuk mempelajari dan mengulangi keterampilan yang ingin dikuasai.

"Yang penting rutin, bertahap dan lama-lama jadi semakin terampil," pungkas dia. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com